Langsung ke konten utama

Pertama Kali Mengikuti CASN, Alhamdulillah Lulus Passing Grade SKD dengan Nilai 323




Saya menyelesaikan pendidikan sarjana Jurusan Produksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin tahun 2012. Banyak pengalaman yang saya lalui di kampus merah tersebut. Aktif di organisasi kemahasiswaan tingkat universitas dan memiliki teman jurusan, senior-senior yang baik. Ada juga loh teman-teman dari lintas fakultas dan jurusan.


Ingin yang terbaik pastinya. Rasa penasaran dan ingin tahu akhirnya kala itu, saat proses penyelesaian studi srata satu. Saya mencoba mengkuti pencinta alam karena rasa penasaran semenjak SMA dan akhirnya keinginan tercapai. Mengikuti pendidikan dasar UKM Korpala Unhas. Ditengah perjalanan penasaran lagi. Saya sempat mengikuti UKM Tenis Meja dan UKM Pers Catatan kaki Unhas. Terakhir aktif di Penerbitan Kampus Identitas Unhas.

Setelah lulus S1 saya mencoba daftar program pascasarjana S2 (Magister) Jurusan Ilmu dan Teknologi Peternakan Unhas. Selama 4,5 tahun menyelesaikan studi S2. lumayan juga yah.. S1 saja proses penyelesaiannya 5 tahun. Tapi tidak masalah yang penting selesai dan mendapat gelar Magister. Akhirnya namaku bertambah titel dibelakangnya menjadi Hardianti S.Pt., M.Si.

Apa sih yang istimewa dari pegawai negeri sipil, menjadi PNS atau ASN sangatlah terpandang untuk keluarga dan kedua orangtua ku. Awalnya santai dan bahkan saya memilih untuk tidak mendaftar menjadi PNS. Padahal setelah menyelesaikan studi S1 sudah tiga kali pendaftaran CPNS dan yang ketiga kalinya barulah saya daftar. Penerimaan CPNS atau CASN tahun 2019... Apa sih yang membuat saya tertarik mendaftar?

Tertarik karena sudah tidak ada pekerjaan lain. Umur sudah 30 tahun per tanggal 7 September 2019. Resign dari pekerjaan sebagai Staff Administrasi di salah satu organisasi wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar. AJI Makassar menurutku is the best, disitu saya mengurusi administrasi, mengurusi event atau kegiatan-kegiatan AJI Makassar. Banyak kenalan wartawan lokal dan nasional. Saat bekerja di AJI Makassar juga mengikuti festival media. Selama 6 tahun mengarungi AJI Makassar. Pokoknya AJI Makassar keren. Dua periode kepengurusan AJI Makassar kak Gunawan Mashar dan kak Qodriansyah Agam Sofyan hingga beberapa bulan ketika periode kepengurusan Nurdin Amir.

Menganggur bukan hal yang mudah, bagaimana ya rasanya ketika tidak punya pekerjaan. Alhamdulillah selang beberapa bulan diterima disalah satu perusahaan senior di peternakan Unhas. Nama perusahaannya PT Mitra Peternakan Sejahtera Indonesia tempat penjualan peralatan kandang ayam. Namun saya tidak bertahan lama. Hingga akhirnya saya kemudian menjadi pengangguran dan membantu saudaraku (kak Ani) atau kakak kedua ku menjual nasi kuning. Umur yang sudah kepala tiga alias sudah 30 tahun per tanggal 7 September 2019. Umur demikian sudah sangat susah untuk mendapat pekerjaan, menurut versi saya.

Menjual nasi kuning salah satu mengisi kekosongan, hingga pada akhirnya mendapat pekerjaan yang tepat, entah mau jadi dosen atau menjadi Pegawai Negeri Sipil. Ijazah S1 dan S2 bukanlah menjadi ajang gaya-gayaan. Disaat sulit seperti ini, menjadi seorang pengangguran. Dengan memanfaatkan peluang yang ada. Mendaftar sebagai CPNS atau CASN tahun 2019. Alhamdulillah tahap pertama lulus Administrasi dan berkesempatan mengikuti tes pertama yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 80 poin, Tes Intelensi Umum (TIU) 115 poin, dan Tes Kepribadian (TKP) 128 poin. Tolal SKD yaitu 323 poin. Akhirnya saya dinyatakan lulus Passing Grade.

Setelah ini saya menunggu perengkingan untuk lanjut tes ketahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Semoga lulus ketahap selanjutnya. Kebetulan saya mendaftar pada formasi Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Maros dengan kuota 9 orang (umum) dan Cum Laude sebanyak 1 orang.

Mau tahu tips dan trik yang saya lakukan, sehingga bisa lulus passing grade?


Bermodal keyakinan, banyak berdoa berharap penuh agar lulus administrasi. Persiapan belajar TIU, TWK dan TKP jauh-jauh sebelum tes SKD, jangan menunggu pengumuman lulus administrasi baru mau belajar SKD. Belajarlah seakan lulus administrasi supaya waktu belajar semakin banyak. ketika ada waktu luang belajarlah. Banyak latihan soal, khusus TIU pelajari teknik menghitung cepat, perbanyak nonton FR di youtube, perbanyak nonton di youtube cara atau teknik menjawab soal TIU. Jangan bosan mengulang pelajaran hingga mahir.

Yang paling utama juga minta supaya orangtua, guru dan teman, serta orang terdekat atau keluarga untuk mendoakan. Lulus Passing Grade membuat bahagia meski masih ada tahap selanjutnya yang harus dilalui. Yah.. Setidaknya lulus Passing Grade membuat perjuangan dalam proses belajar tidak sia-sia...

Semoga lulus ketahap selanjutnya.

Semangat para para penguang CPNS ata CASN..

Sukses selalu untuk kalian semua..

Yang tidak lulus Passing Grade jangan berkecil hati yah.. jadikan ketidak lulusan sebagai proses pembelajaran. itu artinya harus lebih giat lagi belajar untuk tes SKD ketika kepingin lulus passing grade.

Penulis: Hardianti

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan antara Variabel X dan Y dalam Meneliti

Berdasarkan fungsinya variabel dibagi atas tiga fungsi yakni variabel sebab dibedakan atas veriabel penghubung dan variable akibat. Hubungan antara variable X dan Y ada hubungannya melalui variabel penghubung. Semua yang dilakukan dalam perlakuan merupakan variabel bebas. Apakah faktor mempengaruhi variabel Y untuk beberapa variabel bebas dan bagaimana pengaruhnya terhadap independen atau variabel Y berpengaruh atau tidak. Terkait karena nilainya tergantung dari variabel X, besar kecilnya tergantung pada variabel Y. Variabel  penghubung tidak dapat diamati secara langsung tapi dapat bisa merasakan hasilnya yang telah diamati. Contohnya disertasi ibu Nirwana, ada variabel sumber daya fisik dan sumber daya manusia serta faktor budaya yang mempengaruhi keuangan, salah satu yang mempengaruhi seseorang untuk membayar adalah modal budaya orang bugis misalnya kejujuran, panutan usaha dan sebagainya. Unsur budaya lokal dalam mempengaruhi peternak dalam kemampuannya mengakses pem

Anatomi dan Fisiologi Organ Reproduksi Betina

Sapi betina tidak hanya memproduksi sel kelamin yang sangat penting untuk mengawali kehidupan turunan baru, tetapi ia menyediakan pula tempat beserta lingkungannya untuk perkembangan individu baru itu, dimulai dari waktu pembuahan ovum dan memeliharanya selama awal kehidupan. Tugas ini dilaksanakan oleh alat reproduksi primer dan sekunder. Alat reproduksi primer, yaitu ovaria memproduksi ovum dan hormon betina. Organ reproduksi sekunder yaitu terdiri atas tuba fallopi, uterus, cervix, vagina dan vulva. Fungsi alat-alat ini adalah menerima dan mempersatukan sel kelamin jantan dan betina, memelihara dan melahirkan individu baru. Seringkali kelenjar susu dihubungkan sebagai pelengkap alat kelamin, karena kelenjar ini berhubungan erat dengan reproduksi dan penting untuk memberi makan anaknya yang baru dilahirkan selama beberapa waktu.

PROSES RIGORMORTIS DAN KUALITAS DAGING

Otot semasa hidup ternak merupakan alat pergerakan tubuh yang tersusun atas unsur-unsur kimia C, H, dan O sehingga disebut sebagai energi kimia yang berfungsi sebagai energi mekanik (untuk pergerakan tubuh) ditandai dengan kemampuan berkontraksi dan berelaksasi Setelah ternak disembelih dan tidak ada lagi aliran darah dan respirasi maka otot sampai waktu tertentu tidak lagi berkontraksi. Atau dikatakan instalasi rigor mortis sudah terbentuk, ditandai dengan kekakuan otot (tidak ekstensibel).