Langsung ke konten utama

Tips Konsultasi dengan Dosen Pembimbing Tesis ala Hardianti

Ketika seminar usulan penelitian selesai digelar, kemudian dilanjutkan dengan penelitian. Setelah data sudah lengkap, maka tesis harus dirampungkan segera. Data yang didapat dari hasil penelitian haruslah data pasti dan tidak melenceng dari teori. Istilahnya praktik di laboratorium dan teori harus sejalan. Apabila tidak sesuai dengan teori maka data harus di cek kembali. Namun ketika bertolak belakang maka perlu ada data pendukung dan harus disertai dengan literatur pendukung.



Apabila semua data telah diolah dan memastikan lengkap dan tidak diragukan. Segeralah menyusun atau membahasnya sesuai dengan aturan atau pedoman yang telah ditentukan oleh Pedoman penulisan Fakutas atau Universitas. Pesan penulis jangan pernah menunda ketika akan konsultasi kepada pembimbing tesis. Sesegera mungkin memperbaiki ketika ada perbaikan.




Sebelum meneliti dan ketika penelitian sedang berlangsung harus selalu konsultasi dan komunikasi rutin kepada pembimbing tesis. Data yang diperoleh dari hasil penelitian harus dikonsultasikan sebelum membahas.



Berbagai macam karakter yang dimiliki pembimbing. Bersyukur kuliah di Fakultas peternakan Unhas karena dosen-dosen yang dimiliki baik dan perhatian. Dosen di Fakultas tersebut sangat baik dan selalu memberikan bimbingan, sehingga hasil pembahasan tesis sangat memuaskan. Seperti yang dilakukan oleh pembimbing saya yaitu Prof. Dr. Ir. Djoni Prawira Rahardja., M.Sc dan Dr. A. Mujnisa., S.Pt., M.P.




Penelitian tesis saya berjudul RESPON BROILER TERHADAP PROGRAM PEMUASAAN PADA SIANG HARI DAN PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma longa) DALAM PAKAN atau dalam bahasa inggrisnya yakni Broiler Response To Fasting In Daytime and Addition Of Kunyit (Curcuma longa) Powder In Feed Programs.





Jangan pernah putus asa dalam menyelesaikan tesis. Karena kesuksesan seorang calon magister adalah ketika menyelesaikan tesis hingga Ujian Akhir. Mahasiswa berhasil menyelesaikan magisternya menjadi kebanggaan bagi kedua orangtua, juga menjadi kebanggaan bagi kedua pembimbing karena telah berhasil membimbing hingga akhir.


Keterangan Foto: Foto bersama dengan pembimbing (Prof Dr Ir Djoni Prawira Rahardja dan Dr A Mujnisa SPt MP) serta pembahas/penguji (Prof Dr Ir Ambo Ako MSc dan Dr Ir Budiman Nohong M.P)


Jangan pernah sungkan menghubungi pembimbing karena mahasiswa magister memiliki kesibukan pekerjaan. Sarannya harus fokus dulu menyelesaikan tesis baru pekerjaan. Harus berani mengambil prioritas, bekerja atau menyelsaikan tesis.



Setia berada di kampus, ketika takut atau segan menghubungi pembimbing sebaiknya menunggu dan datang lebih awal. Paling penting mengetahui keberadaan pembimbing. mencari tahu dari staf atau pegawai di fakultas. Pokoknya harus mengetahui segalanya. Ketika tidak mau menunggu lama harus berani komunikasi dengan dosen pembimbing.



Jangan lupa menyelesaikan keterangan jurnal dan abstrak. Abstrak Tesis pengurusan di fakultas sedangkan abstrak jurnal diurus di pascasarjana dan ditranslate dipusat bahasa Unhas. Mungkin berbeda ketika jurnal internasional.


keterangan foto: bersama Mauliaksa dan Prof Dr Muhammad Yusuf S,Pt


keterangan foto: teman seperjuangan Aida macenning dalam menyelsaikan tesis.

Terima kasih kepada kedua pembimbing tesis saya Prof Djoni dan Ibu A. Mujnisa dan terima kasih kepada kakak saya Hadriani yang telah menemani saya diawal-awal bimbingan.


Sukses untuk Anda yang sedang menyelesaikan tesis.





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan antara Variabel X dan Y dalam Meneliti

Berdasarkan fungsinya variabel dibagi atas tiga fungsi yakni variabel sebab dibedakan atas veriabel penghubung dan variable akibat. Hubungan antara variable X dan Y ada hubungannya melalui variabel penghubung. Semua yang dilakukan dalam perlakuan merupakan variabel bebas. Apakah faktor mempengaruhi variabel Y untuk beberapa variabel bebas dan bagaimana pengaruhnya terhadap independen atau variabel Y berpengaruh atau tidak. Terkait karena nilainya tergantung dari variabel X, besar kecilnya tergantung pada variabel Y. Variabel  penghubung tidak dapat diamati secara langsung tapi dapat bisa merasakan hasilnya yang telah diamati. Contohnya disertasi ibu Nirwana, ada variabel sumber daya fisik dan sumber daya manusia serta faktor budaya yang mempengaruhi keuangan, salah satu yang mempengaruhi seseorang untuk membayar adalah modal budaya orang bugis misalnya kejujuran, panutan usaha dan sebagainya. Unsur budaya lokal dalam mempengaruhi peternak dalam kemampuannya mengakses pem

Anatomi dan Fisiologi Organ Reproduksi Betina

Sapi betina tidak hanya memproduksi sel kelamin yang sangat penting untuk mengawali kehidupan turunan baru, tetapi ia menyediakan pula tempat beserta lingkungannya untuk perkembangan individu baru itu, dimulai dari waktu pembuahan ovum dan memeliharanya selama awal kehidupan. Tugas ini dilaksanakan oleh alat reproduksi primer dan sekunder. Alat reproduksi primer, yaitu ovaria memproduksi ovum dan hormon betina. Organ reproduksi sekunder yaitu terdiri atas tuba fallopi, uterus, cervix, vagina dan vulva. Fungsi alat-alat ini adalah menerima dan mempersatukan sel kelamin jantan dan betina, memelihara dan melahirkan individu baru. Seringkali kelenjar susu dihubungkan sebagai pelengkap alat kelamin, karena kelenjar ini berhubungan erat dengan reproduksi dan penting untuk memberi makan anaknya yang baru dilahirkan selama beberapa waktu.

PROSES RIGORMORTIS DAN KUALITAS DAGING

Otot semasa hidup ternak merupakan alat pergerakan tubuh yang tersusun atas unsur-unsur kimia C, H, dan O sehingga disebut sebagai energi kimia yang berfungsi sebagai energi mekanik (untuk pergerakan tubuh) ditandai dengan kemampuan berkontraksi dan berelaksasi Setelah ternak disembelih dan tidak ada lagi aliran darah dan respirasi maka otot sampai waktu tertentu tidak lagi berkontraksi. Atau dikatakan instalasi rigor mortis sudah terbentuk, ditandai dengan kekakuan otot (tidak ekstensibel).