Langsung ke konten utama

Para Relawan dan Pendiri Wanua Panrita Mengabdi Demi Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi di Dusun Cindakko



Relawan dan Pendiri Wanua Panrita Mengabdi Demi Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi di Dusun Cindakko


Kelas jauh dari SD 246 Bontobonto berada di pegunungan Dusun Cindakko, Desa Bontosomba,Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Sejak dibangun pada 2016 hanya memiliki satu ruang kelas.Berukuran 5x5 meter hanya beratap seng dan dinding kayu.


Wanua Panrita dibentuk, berawal pada kepedulian terhadap pendidikan yang belum merata yang adadipelosok khususnya. " Saat ini pengabdian Wanua Panrita masih terfokus di Cindakko, target tigahingga empat tahun diusahakan Cindakko sudah mandiri." Ujar Lidya Nurpadillah selaku BendaharaUmum Wanua Panrita.

Masih banyak pelosok yang membutuhkan perhatian dari segi pendidikan. Setelah Cindakko dianggapMandiri maka program Wanua Panrita akan berpindah ketempat lain yang membutuhkan. Banyaktantangan yang dihadapi oleh para relawan, seperti terkendala pada guru, akses kelokasi yang sulit.Awalnya tidak ada guru yang mengajar dengan pertimbangan gaji, dan transportasi.

Proses belajar mengajar, dengan pengiriman relawan saja dulu. Sebab belum menemukan guru yang pasuntuk menetap mengajar. Kedepan dua guru lokal diusahakan mengajar dan menetap di Cindakko.Relawan Wanua Panrita yg melakukan pengabdian menempuh waktu perjalanan 2 atau 3 jam dari kotaMakassar sampai penitipan motor & melanjutkan berjalan kaki selama 3-4 jam melalui kawasan hutan,naik turun gunung serta melewati banyak sungai-sungai kecil baru sampai Cindakko.

Visi wanua panrita adalah Terwujudnya keberdayaan masyarakat pelosok berbasis kearifan lokal yangmandiri dibidang sosial, ekonomi dan pendidikan. Dengan melakukan pemberdayaan dan pendampinganwanua membentuk manajemen sekolah yang partisipatif, akuntabel, aktif & transparan merekrut gurulokal . Selain itu Wanua panrita juga melakukan advokasi ke pemerintah khususnya Dinas Pendidikan diKabupaten Maros.

Hamri Pasau selaku Koordinator Bidang Sosial dan Ekonomi mengatakan, akhirnya sekarang telah adaproses pembangunan kelas. Awalnya hanya ada satu kelas bantuan dari PKPU kerjasama dengan BankSulsel , waktu itu hanya membangun satu kelas, satu ruangan. Kami juga melakukan pendakatan keorangtua siswa agar mendorong anaknya untuk bersekolah serta memotivasi semua orangtua siswa karenaawal melakukan pengabdian minat belajarnya kurang.

Selain jenjang kelas hanya sampai kelas 4, masih ada siswa yang berumur hingga 18 tahun. Usaha tidak sia-sia akhirnya sekarang jumlah siswa mencapai kurang lebih 100 orang, dengan kuranglebih 112 Kepala keluarga.

Konsep pendidikan yang diterapkan Wanua Panrita dengan kurikulim yang khas, menggabungkan tigaunsur yaitu kurikulum pemerintah, kedua mengambil nilai-nilai kearifan lokal, Ketiga membangunkarakter yang berakhlaktul karima, yaitu one day one surah setiap pekan menhafal dan mengulangi satusurah, sebelum belajar dan pulang sekolah. Penduduk mayoritas 100% muslim.

Wanua Panrita terbentuk sejak 3 Desember 2018, ketika kegiatan pendampingan diniatkan sebagaiibadah semangat relawan tetap terjaga. Ditambah lagi dukungan dari warga yang sangat antusiasmenyambut keberadaan relawan Wanua Panrita.

Menurut Lidya, ada kesan tersendiri yang dirasakan para relawan, karena warga juga dengan sukarelamemberikan makanan seperti beras, sayur mayur, gula merah, kue tradisional Cindakko dengan ikhlas."Itulah bentuk kegembiraan mereka, ketika kami datang mereka ikhlas memberi, meski sebenarnya kita mampu membeli beras. Namun disitulah bentuk ucapan terima kasih, tanpa harus dinilai dengan uang,"ujarnya.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengubah mindset warga di Cindakko, berbagai pendekatan yangdilakukan seperti ketika ada penjual obat yang naik ke Cindakko mereka membeli obat tersebut dengansangat mahal sampai 200 ribu, padahal harga obat tersebut sebenarnya murah, disitulah menjelaskanpentingnya pendidikan karena tanpa sekolah kita bisa dibodohi.

Guru Tetap Pilihan Warga Setempat


Masalah yang dihadapi adanya guru tetap. Guru honorpun tidak mampu bertahan. Sekarang inibagaimana Wanua Panrita medapatkan guru tetap, dengan kerjasama warga. Wargapun rela menggajiguru 10 ribu untuk perorang siswa

Tercatat 95% warga Cindakko buta huruf, tamatan SMA baru 5 orang sampai saat ini. Ekonomi yang kuatyang bisa sekolahkan anaknya keluar dari Cindakko. Wanua panrita berusaha mengadakan guru tetap,sampai kapan akan mengirim relawan. Sebab mereka berpikir ada orang ada bantuan. Bagaimana merekabisa membangun kampungnya sendiri.

Hingga akhirnya Tim Wanua Panrita mengumpulkan masyarakat dengan membuat Foccus GroupDiscussion, apakah yang menjadi masalah sebenarnya. Masalahnya adalah pendidikan, tidak ada guru,ketika ada guru namun gajinya tidak mencukupi. Masalah lainnya kendaraannya rusak, ketika berjalankaki bisa memakan waktu hingga 2 sampai 3 jam.

Berawal media sosial untuk mendapatkan relawan. Melalui perekrutan online, relawan yang dipilih dandiberangkatkan dalam jumlah kecil karena disesuaikan dengan jumlah kelas.


Peningkatan Perekonomian Cindakko


Untuk meningkatkan perekonomian Cindakko, tim wanua panrita melakukan pemberdayaan masyarakatdibidang budidaya kopi. Pencaharian warga selain bertani sawah Cindakko dulunya adalah penggarapgetah pinus, karena salah satu perusahaan pinus tidak masuk lagi, penghasilan dari pinus sudah tidak adalagi. Selain bertani pinus, Cindakko juga budidaya madu. Sekarang sudah ada Kelompok Tani Kopi

Sebelumnya Hasdinar selaku Ketua Wanua Panrita sekaligus penggagas serta bersama relawan atau timlainnya melakukan survey untuk mengetahui masalah warga setempat. Survei tersebut dilakukan selama3 minggu. Hasdinar meluangkan waktunya berkeliling kampung untuk tahu, seberapa besar kemauanwarga, mengetahui sektor apa yang cocok dikembangkan.

Hamri mengatakan, dengan melakukan pekerjaan tanpa pamrih, hingga akhirnya Wanua Panritamendapatkan donasi melalui di kitabisa.com, terakhir dari bantuan Honda. Alhamdulillah DinasPendidikan Kabupaten Maros juga sudah membangun 2 ruang kelas permanen, Dinas pendidikanKabupaten Maros juga memberi meja dan kursi sebagai sarana prasarana penunjang pendidikan. “

“Dengan mendapat beberapa donasi. Proses membangun kelas dilibatkan siswa dan orangtua. Di lokasiwarga harus mengambil bagian dalam proses ini. Perlu kesadaran kolektif dan kesadaran bersama bahwapendidikan itu penting. Kita hanya memfasilitasi dan mengorganisir,” ujarnya

Pemerintah akan mengembangkan disuatu wilayah dengan melihat potensi ekonominya. Dengandemikian pengembangan ekonomi akan memonitoring program mereka yang akan mengawal, melakukan pendampingan.

Khususnya Kelompok Tani Kopi, konsen membudidayakan kopi bertujuan untuk menarik pemerintah. "Insya Allah bulan ini kami akan melakukan penyuluhan soal budidaya kopi. Cindakko punya ciri khasdengan kopinya. Kesuburan tanahnya dan ketinggiannya cocok budidaya kopi. Selain itu budidaya kopitidak merusak lingkungan hutan malah dengan menanam kopi akan melakukan penghijauan, kopi jugabutuh tanaman pelindung " Ujar Hamri.

Kesadaran kolektif dan kesadaran bersama bahwa warga harus membangun kampungnya sendiri teman-teman hanya memfasilitasi saja mengorganisir dengan baik. Untuk mencapai Visi Wanua Panrita kamimenggunakan cara berpikir warga setempat. makanya di Wanua Panrita visinya kita adalah terwujudnyapemberdayaan masyarakat yang ber kearifan lokal.

Penulis Hardianti

Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Empati
(Naskah duatas merupakan asli dari penulis/belum diedit)





Komentar

  1. Halo semuanya!!!
    Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. Saya harap Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan dari perusahaan Pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan terkecoh seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukannya pemberi pinjaman baru REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari sebuah perusahaan sekitar 720 juta Rupiah. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti aturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. dapatkan pinjaman saya hanya dengan tingkat bunga 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat WhatsApp ibu Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662

    Silakan Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan irlinatutysartika15@gmail.com

    Semoga Allah senantiasa menyertai Anda semua. Semoga yang terbaik bagi Anda

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan antara Variabel X dan Y dalam Meneliti

Berdasarkan fungsinya variabel dibagi atas tiga fungsi yakni variabel sebab dibedakan atas veriabel penghubung dan variable akibat. Hubungan antara variable X dan Y ada hubungannya melalui variabel penghubung. Semua yang dilakukan dalam perlakuan merupakan variabel bebas. Apakah faktor mempengaruhi variabel Y untuk beberapa variabel bebas dan bagaimana pengaruhnya terhadap independen atau variabel Y berpengaruh atau tidak. Terkait karena nilainya tergantung dari variabel X, besar kecilnya tergantung pada variabel Y. Variabel  penghubung tidak dapat diamati secara langsung tapi dapat bisa merasakan hasilnya yang telah diamati. Contohnya disertasi ibu Nirwana, ada variabel sumber daya fisik dan sumber daya manusia serta faktor budaya yang mempengaruhi keuangan, salah satu yang mempengaruhi seseorang untuk membayar adalah modal budaya orang bugis misalnya kejujuran, panutan usaha dan sebagainya. Unsur budaya lokal dalam mempengaruhi peternak dalam kemampuannya mengakses pem

Anatomi dan Fisiologi Organ Reproduksi Betina

Sapi betina tidak hanya memproduksi sel kelamin yang sangat penting untuk mengawali kehidupan turunan baru, tetapi ia menyediakan pula tempat beserta lingkungannya untuk perkembangan individu baru itu, dimulai dari waktu pembuahan ovum dan memeliharanya selama awal kehidupan. Tugas ini dilaksanakan oleh alat reproduksi primer dan sekunder. Alat reproduksi primer, yaitu ovaria memproduksi ovum dan hormon betina. Organ reproduksi sekunder yaitu terdiri atas tuba fallopi, uterus, cervix, vagina dan vulva. Fungsi alat-alat ini adalah menerima dan mempersatukan sel kelamin jantan dan betina, memelihara dan melahirkan individu baru. Seringkali kelenjar susu dihubungkan sebagai pelengkap alat kelamin, karena kelenjar ini berhubungan erat dengan reproduksi dan penting untuk memberi makan anaknya yang baru dilahirkan selama beberapa waktu.

PROSES RIGORMORTIS DAN KUALITAS DAGING

Otot semasa hidup ternak merupakan alat pergerakan tubuh yang tersusun atas unsur-unsur kimia C, H, dan O sehingga disebut sebagai energi kimia yang berfungsi sebagai energi mekanik (untuk pergerakan tubuh) ditandai dengan kemampuan berkontraksi dan berelaksasi Setelah ternak disembelih dan tidak ada lagi aliran darah dan respirasi maka otot sampai waktu tertentu tidak lagi berkontraksi. Atau dikatakan instalasi rigor mortis sudah terbentuk, ditandai dengan kekakuan otot (tidak ekstensibel).