Langsung ke konten utama

Hati-hati Memilih Daging !


Dalam memilih daging dipasar ada beberapa yang perlu diperhatikan. Karena karakteristik kualitas daging didukung oleh faktor sensoris, factor nutrisi, factor higienitas dan teksilogitas. Warna daging harus merah segar, berbau tidak terlalu amis, mengandung protein yang tinggi, mengandung lemak, vitamin serta memiliki asam amino yang tinggi, tidak berjamur, tidak ditumbuhi kapang serta memiliki nilai pH yang normal.


Sedangkan cirri-ciri daging yang tidak berkualitas biasanya berwarna merah pucat, berbau sangat amis, berjamur, memiliki nilai pH yang tinggi, struktur daging merapat dan ada pula yang mengandung air yang tinggi.

Keragaman komposisi kimiawi daging pada hewan dapat terjadi karena perbedaan jenis, turunan, kelamin, umur, pengaturan gizi, dan tempat otot dalam tubuh ternak. Diperkirakan komposisi kimia daging sebagai berikut:
1. Air berkisar antara 65-80 persen
2. Protein berkisar antara 16-22 persen
3. Myofibril 9,5 persen
4. Myosin 5,0 persen
5. Aktin myosin 2,0 persen
6. Tropomiosin 0,8 persen
7. Troponin 0,8 persen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan antara Variabel X dan Y dalam Meneliti

Berdasarkan fungsinya variabel dibagi atas tiga fungsi yakni variabel sebab dibedakan atas veriabel penghubung dan variable akibat. Hubungan antara variable X dan Y ada hubungannya melalui variabel penghubung. Semua yang dilakukan dalam perlakuan merupakan variabel bebas. Apakah faktor mempengaruhi variabel Y untuk beberapa variabel bebas dan bagaimana pengaruhnya terhadap independen atau variabel Y berpengaruh atau tidak. Terkait karena nilainya tergantung dari variabel X, besar kecilnya tergantung pada variabel Y. Variabel  penghubung tidak dapat diamati secara langsung tapi dapat bisa merasakan hasilnya yang telah diamati. Contohnya disertasi ibu Nirwana, ada variabel sumber daya fisik dan sumber daya manusia serta faktor budaya yang mempengaruhi keuangan, salah satu yang mempengaruhi seseorang untuk membayar adalah modal budaya orang bugis misalnya kejujuran, panutan usaha dan sebagainya. Unsur budaya lokal dalam mempengaruhi peternak dalam kemampuannya mengakses pem

Anatomi dan Fisiologi Organ Reproduksi Betina

Sapi betina tidak hanya memproduksi sel kelamin yang sangat penting untuk mengawali kehidupan turunan baru, tetapi ia menyediakan pula tempat beserta lingkungannya untuk perkembangan individu baru itu, dimulai dari waktu pembuahan ovum dan memeliharanya selama awal kehidupan. Tugas ini dilaksanakan oleh alat reproduksi primer dan sekunder. Alat reproduksi primer, yaitu ovaria memproduksi ovum dan hormon betina. Organ reproduksi sekunder yaitu terdiri atas tuba fallopi, uterus, cervix, vagina dan vulva. Fungsi alat-alat ini adalah menerima dan mempersatukan sel kelamin jantan dan betina, memelihara dan melahirkan individu baru. Seringkali kelenjar susu dihubungkan sebagai pelengkap alat kelamin, karena kelenjar ini berhubungan erat dengan reproduksi dan penting untuk memberi makan anaknya yang baru dilahirkan selama beberapa waktu.

PROSES RIGORMORTIS DAN KUALITAS DAGING

Otot semasa hidup ternak merupakan alat pergerakan tubuh yang tersusun atas unsur-unsur kimia C, H, dan O sehingga disebut sebagai energi kimia yang berfungsi sebagai energi mekanik (untuk pergerakan tubuh) ditandai dengan kemampuan berkontraksi dan berelaksasi Setelah ternak disembelih dan tidak ada lagi aliran darah dan respirasi maka otot sampai waktu tertentu tidak lagi berkontraksi. Atau dikatakan instalasi rigor mortis sudah terbentuk, ditandai dengan kekakuan otot (tidak ekstensibel).